7 Kuliner Lezat Khas Kalimantan Selatan


Kuliner di Banua, tak pernah ada habisnya. Kalimantan selatan, selain sebagai salah satu provinsi yang kaya akan wisata alam, religi, sejarah dan pendidikan, juga terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat nikmat. Tak hanya itu, untuk mencari kuliner yang begitu nikmat ini, tak perlu susah untuk mendapatkannya karena tersebar di warung-warung makan. Ini dia, 7 kuliner terkenal yang khas di Kalimantan Selatan:

1. Nasi Kuning
NASI KUNING
NASI KUNING
Semua orang pasti kenal dan pernah mencicipi nasi kuning. Tapi apakahpernah mencoba nasi kuning khas Banjarmasin? Nasi kuning yang dimiliki oleh daerah Banjar berbeda dengan nasi kuning dari daerah-daerah lain. 

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari jenis beras yang digunakan. Selain jenis berasnya, orang Banjar juga menggunakan bumbu yang berbeda sehingga memberikan ciri khas sebagai ikon kuliner di kota Banjar. 

Di samping bahan-bahan yang berbeda, makanan khas Banjarmasin yang satu ini mempunyai cara saji yang berbeda. Ya, nasi kuning disajikan bersama lauk bumbu habang atau bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan pemberi cita rasa gurih.

2. Soto Banjar
SOTO BANJAR
SOTO BANJAR
Alternatif makanan khas Banjarmasin lain yang bisa dicoba adalah soto banjar. Soto khas Banjarmasin sangat tersohor di berbagai kota. 

Para wisatawan yang mempunyai niat untuk bertandang ke kota Banjarmasin disarankan untuk menjajal soto banjar. Makanan berkuah yang juga mudah ditemui ini menggunakan cukup banyak rempah yang memberikan aroma wangi yang begitu menggugah selera.

3. Cacapan Asam
CACAPAN ASAM
CACAPAN ASAM
Masyarakat Banjar akrab dengan menu masakan yang bercita rasa pedas, manis, asam, dan gurih. Salah satu makanan khas Banjarmasin yang kaya akan rasa adalah cacapan asam yang rasanya asam, pedas, dan asin. 

Cacapan asam biasa disantap sebagai makanan pendamping untuk berbagai kuliner khas Banjarmasin, terutama makanan yang diproses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, dan diasinkan. Makanan-makanan tersebut nantinya akan dicocol ke cacapan asam dan kemudian disantap bersama nasi beserta lauk pauk lainnya.

4. Ketupat Kandangan
KETUPAT KANDANGAN
KETUPAT KANDANGAN
Makanan berjenis kuah-kuahan lain dari tanah Banjar adalah ketupat kandangan. Ketupat kandangan pada dasarnya sama seperti sajian ketupat di kota-kota lain yakni mencampurkan ketupat dengan isiannya. Yang membedakan, makanan khas yang datu ini hanya menggunakan sedikit isian berupa sepotong ikan gabus asap atau orang Banjar lebih kerap menyebutnya dengan ikan haruan.

Selain ikan haruan, ketupat kandangan juga biasa disajikan dengan ikan gurame dan ikan patin. Aroma dari ikan asapnya dapat menambah selera makan. Kuah dari ketupat kandangan dibuat dari santan kental. Ketupat kandangan mempunyai tekstur ketupat yang agak kasar dan gampang pecah sehingga menyebabkan cara penyajiannya yang berbeda-beda. Pertama-tama ketupat harus diremas agar pecah seperti nasi, setelah itu barulah dikonsumsi. 

Agar lebih nikmat, jangan lupa untuk menambahkan sambal pedas dan taburan bawang goreng sehingga sensasi makan terasa lebih menyenangkan. Di Banjarmasin, cukup banyak warung yang menyajikan ketupat Kandangan, siapa pun bisa menyantapnya untuk menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

5. Ikan Patin Gangan Asam
IKAN PATIN GANGAN ASAM
IKAN PATIN GANGAN ASAM
Dianugerahi dengan kekayaan laut yang melimpah, Banjarmasin memiliki jejak kuliner berbahan ikan yang beragam. Salah satu makanan khas Banjarmasin berbahan dasar ikan yang tak kalah populer dengan jenis ikan lainnya, adalah ikan patin gangan asam. Sayur gangan asam ini berbahan dasar ikan patin. Karena menggunakan ikan patin, maka sayur ini mempunyai kuah yang berlemak.

Masyarakat Banjarmasin biasanya menambahkan campuran timun, kacang panjang pada ikan patin gangan asam. Saat ingin disantap, ikan patin gangan asam lebih sedap jika ditambah dengan sambal acan. 

Di rumah makan yang tersebar di Banjar, sayur ini mudah didapati. Ikan patinnya yang besar-besar ditambah dengan nasi putih hangat akan membuat perut kamu terisi untuk beberapa jam ke depan.

6. Nasi Itik Gambut
NASI ITIK GAMBUT
NASI ITIK GAMBUT
Berikutnya, ada nasi itik gambut. Ini adalah salah satu makanan khas di Kalsel yang mempunyai karakteristik tersendiri. Rasanya sangat melekat dengan lidah masyarakat Banjar. Makanan ini dinamakan nasi itik gambut karena berasal dari sebuah daerah di Kalsel, yakni Gambut. 

Di Gambut cukup banyak warung yang menjual nasi itik gambut yang bisa kamu sambangi untuk merasakan kenikmatan dari masakan khas orang Banjar ini. Nasi itik gambut, adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan menggunakan itik yang dibumbui sebagai lauknya. Rasanya seperti bumbu balado yang bercitarasa manis. Kalau ingin menambah selera makan, kamu bisa mengambil beberapa sendok makan sambal yang tersedia di setiap meja.

7. Gangan Humbut

GANGAN HUMBUT
GANGAN HUMBUT
Gangan dalam bahasa Banjar berarti sayur. Kalau tadi ada ikan patin gangan asam yang berarti ikan patin sayur asam, maka gangan humbut berarti sayur humbut. Humbut sendiri di daerah Banjar merupakan rebung atau tunas pohon kelapa. 

Gangan humbut menjadi sayur tradisional khas Banjarmasin yang disukai oleh penduduk lokal maupun interlokal. Bahan dasarnya, humbut, banyak dijual oleh pedagang-pedagang di pasang-pasar tradisional.

Masakan khas Banjarmasin yang digemari banyak orang ini dimasak hanya dengan bumbu bawang merah yang dicampur dengan santan, kacang panjang, dan labu, tanpa melupakan humbutnya. Sayur rebung cocok dimakan bersama apa saja. Untuk rasanya, gangan humbut rasanya pas, tidak terlalu asin, manis, dan gurih.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.