Kue khas Kalimantan Selatan yang Wajib Anda Cicipi


Selain ingin menikmati keindahan tempat wisata, para wisatawan yang datang pastinya juga ingin berburu kuliner khas Kalsel baik makanan dan minuman yang menggugah selera. 

Contohnya, yakni jajanan pasar. Di Kalsel, sedikitnya ada 41 macam kue atau dalam bahasa banjar disebut wadai. Umumnya, 41 macam kue secara keseluruhan disajikan pada acara-acara sakral atau acara tertentu. 


kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan

Nah, di antara 41 macam kue itu, ada 8 kue yang sangat populer atau terkenal di Kalimantan Selatan.

1. BINGKA


Bingka kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
BINGKA
Meskipun sedikit berlemak, rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, menjadikan Bingka sebagai salah satu kue favorit masyarakat Kalsel. Bingka terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, gula pasir, dan garam.


2. AMPARAN TATAK

Amparan tatak kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
AMPARAN TATAK
Amparan tatak merupakan sajian kue khas Banjarmasin yang mempunyai rasa manis. Cara membuatnya tidaklah sulit. Bahannya hanya menggunakan campuran santan dan tepung beras. Sedangkan isiannya, terdiri dari pisang atau nangka yang dibubuhi daun pandan.

3. APAM BARABAI


Apam barabai kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
APAM BARABAI
Bentuknya bulat, ada yang tipis ada pula yang tebal. Apam barambai dikenal sebagai makanan ringan yang mampu mengganjal perut. Dibuat dari adonan tepung beras, santan, gula merah atau putih, dan ditambah dengan tape singkong kue basah khas Barabai Hulu Sungai Utara (HSU) ini mempunyai rasa manis yang khas dan legit di mulut.

4. IPAU


Ipau kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
IPAU
Kue khas banua yang satu ini kerap disebut pizza-nya Banjar. Bentuknya bundar dan terdapat taburan daging di atas permukaan kue, membuat Ipau cukup layak menyabet gelar tersebut. Ipau sendiri, terdiri dari dua jenis. Ipau kering dan Ipau siram

5. GAGODOH

Gagodoh kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
GAGODOH
Bentuknya, hampir mirip dengan perkedel. Kue khas yang satu ini, merupakan primadona masyarakat Kalsel ketika duduk santai di warung kopi atau teh. Gagodoh terbuat dari tepung terigu, gula, garam, kapur dan air. Adapun isian di dalam Gagodoh, biasanya menggunakan pisang (gagodoh pisang). Namun, apabila musim buah yakni buah tiwadak (cempedak), maka Gagodoh juga diisi dengan cempedak atau yang biasa disebut dengan Gagodoh Tiwadak.

6. LEMPENG

Lempeng kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
LEMPENG
Di negara barat, ada yang namanya Pancake. Nah, di Banjarmasin juga ada. Yakni Lempeng atau Limping. Umumnya, kue ini dijual di pasar kue tradisional. Bahannya hampir sama seperti bahan untuk membuat Pancake (kecuali pakai soda kue atau baking powder) yakni tepung terigu, pisang, telur dan gula pasir. Untuk menambah cita rasa, biasanya lempeng dimakan dengan taburan gula pasir di atasnya.

7. KELELEPON


KELELEPON kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
KELELEPON
Jajanan pasar khas Martapura, Kalsel ini diberi nama kelelepon. Kelelepon, terkenal dengan semboyan “pacah di ilat” yang artinya pecah di lidah. Memang, makanan ini sangatlah enak dengan tekstur lembut dipadu dengan taburan parutan kelapa muda dan gula merah yang meleleh saat dimakan.

8. PAIS PISANG

PAIS PISANG kue khas banjarmasin kalsel kalimantan selatan
PAIS PISANG
Bagi Anda pencinta kuliner, pasti tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Dibuat dari tepung beras, dengan isian yakni pisang di dalamnya. Sementara di bagian luar, dilapisi dengan bungkusan yang terbuat dari kulit berupa daun pisang. Keunggulan kue ini, ada pada rasanya yang manis, tekstur lembut dan legit yang akan memanjakan lidah serta aroma pisang yang menggugah selera.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.