Wisata Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

SEPUTARBANJARMASIN.COM - Inilah wisata Pasar Terapung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang namanya cukup melegenda. Bukan hanya karena unik dan menarik, pasar ini juga menyajikan keindahan budaya dan adat istiadat orang banjar yang terus terpelihara.

Pasar Terapung (Image: Radar Banjarmasin)

Pasar yang aktifitasnya dilakukan di atas Muara Sungai Kuin ini menyimpan sejuta kisah menarik. Pasar Terapung ini berawal ketika Sultan Suriansyah pada tahun 1526 mendirikan kerajaan di tepi Sungai Kuin dan Barito, sehingga terciptalah pusat perdagangan tradisional di sekitar Sungai Kuin.

Aktifitas perdagangan di atas sungai inilah yang berlanjut sampai sekarang. (Baca selengkapnya mengenai Sejarah Pasar Terapung Muara Kuin)

(Image: kompasiana)
Hal yang menjadi keunikan dari Pasar Terapung ini adalah suasana tradisional yang masih kental, dimana semua aktifitas dilakukan di atas jukung (bahasa banjar perahu kecil). Transaksi secara barter juga masih sering dijumpai disini, dimana pedagang yang mayoritas ibu-ibu mendayung jukungnya dan bertukar barang dengan pedagang lain.

Para wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya menyewa kelotok atau perahu yang agak lebih besar dari jukung, penyewaan kelotok sendiri banyak tersedia di bantaran Sungai Kuin atau di sekitar siring pusat kota.

Harga sewanya berkisar antara Rp. 70.000,- hingga Rp. 150.000,- tergantung dari jumlah penumpang. Aktifitas pasar dimulai saat subuh hingga pagi hari sekitar jam 08.00 WITA, jadi anda diharuskan bangun sebelum subuh.

Wisatawan saat mengambil jajanan khas di Pasar Terapung untuk santap pagi (image: wisatamelayu.com)
Sambil menikmati suasana pagi hari yang sejuk di Sungai Barito sembari menyantap makanan khas Banjar yang banyak dijajakan para pedagang menjadi pilihan utama para wisatawan.

Wisatawan tidak hanya datang dari berbagai kota di Indonesia, tapi juga dari mancanegara. Mereka rata-rata penasaran dengan keunikan di Pasar Terapung ini, bagi anda yang juga penasaran ayoo! berwisata ke Pasar Terapung Muara Kuin.

Akses ke Pasar Terapung Muara Kuin

Bagi anda yang pertama kali ke Pasar Terapung Muara Kuin atau bahkan baru pertama kali ke Banjarmasin ada baiknya anda mengikuti petunjuk berikut:

Akses ke Pasar Terapung ini bisa dilalui dari jalur darat maupun sungai, dari pusat kota kurang lebih jarak tempuh menggunakan jalur darat sekitar 15 menit dan kurang lebih 1 jam menggunakan jalur sungai.

 Untuk rute ke Pasar Terapung Muara Kuin anda bisa langsung melihat petunjuk dari google maps berikut ini:


Sebenarnya banyak lagi yang ingin kami share tentang keindahan dan keunikan Pasar Terapung Muara Kuin ini. Namun, kami ingin supaya anda bisa lebih mengeksplore sendiri kawasan wisata yang satu ini dan jangan lupa untuk mengunjungi wisata lainnya di Banjarmasin yaa!!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.