Ini Oleh-oleh Favorit Khas Kalimantan Selatan


Kalimantan Selatan, selain dianugrahi alam yang begitu mempesona, Banjarmasin yang menjadi Ibukota provinsi juga memiliki potensi budaya yang sangat layak untuk dieksplor lebih jauh. Tak ayal, hal itulah yang menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Selatan. 

Berkunjung ke Kalimantan Selatan, rasanya tak afdol bila tak membawa oleh-oleh. Bagi wisatawan yang ingin mencari suvenir atau oleh-oleh khas Kalimantan Selatan, berikut ini enam oleh-oleh khas Kalimantan Selatan yang kerap diburu pelancong.

1. Amplang

AMPLANG KALSEL, OLEH-OLEH KALIMANTAN SELATAN
AMPLANG
Kalimantan Selatan, punya camilan sejenis kerupuk yang dikenal dengan sebutan Amplang. Awalnya, bahan baku utama pembuatan Amplang adalah ikan pipih, sejenis ikan air tawar yang habitat alamnya adalah sungai dan rawa. Tapi seiring dengan semakin langkanya ikan pipih, perajin amplang memilih ikan tenggiri atau ikan gabus untuk dijadikan bahan baku utamanya, yang dikombinasikan dengan berbagai rempah dan bumbu khas resep turun temurun.  

Sentra pembuatan amplang paling terkenal adalah di daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sekarang, seiring perkembangan pariwisata di seluruh wilayah Kalimantan Selatan yang begitu pesat, menjadikan sentra industri amplang mulai meluas dan berkembang di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

2. Miniatur Rumah Banjar

MINIATUR RUMAH BANJAR
MINIATUR RUMAH BANJAR
Suku Banjar mempunyai beberapa jenis rumah adat yang sangat khas. Di antaranya yaitu rumah berbentuk Bubungan Tinggi, Gajah Baliku, Palimasan, Balai Bini, Balai Laki, Tadah Alas, Gajah Baliku, Palimbangan, Cacak Burung dan lain-lain. 

Nah, miniatur-miniatur rumah adat Banjar tersebut sangat cocok untuk dijadikan suvenir bagi wisatawan yang berkunjung. Sesuai dengan aslinya, bahan baku miniatur rumah adat Banjar utamanya adalah kayu. Saat ini, miniatur rumah adat Banjar asli Banjarmasin ini menjadi buruan kolektor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

3. Batu Mulia

BATU MULIA
BATU MULIA
Kota Martapura, ibu kota Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan selain dikenal sebagai serambi Makkahnya Kalimantan Selatan, juga dikenal sebagai kota intan. Ya, bagi para wisatawan yang ingin mencari batu mulia, di kota ini lah surganya. 

Hampir semua jenis batu mulia bisa ditemukan di sini. Harga yang ditawarkan pun bervariatif. Mulai dari ribuan hingga milyaran rupiah. Adapun pusat konsentrasi jual-beli batu mulia letaknya tepat di tengah kota, yaitu di pertokoan Cahaya Bumi Shalawat (CBS).

4. Kain Sasirangan

KAIN SASIRANGAN KALIMANTAN SELATAN, KALSEL
KAIN SASIRANGAN
Kain sasirangan adalah kain khas suku Banjar di Kalimantan Selatan. Ada begitu banyak motif kain Sasirangan yang bisa dipilih untuk dijadikan oleh-oleh atau suvenir. Dan menurut sejarahnya, masing-masing motif kain sasirangan mempunyai fungsi yang berbeda-beda dalam ritual upacara adat suku banjar. Ada yang khusus untuk pengobatan orang sakit, ada yang dibuat sebagai laung atau ikat kepala, kerudung, dan lain sebagainya.


Seiring kekhasan kain Sasirangan, peruntukan kain sasirangan tidak hanya sebagai bagian dari ritual adat suku Banjar saja, tapi kini telah menjelma menjadi berbagai produk seni yang menakjubkan, yang tentunya sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Kaos Banjar
KAOS BANJAR
KAOS BANJAR
Kaos dengan tema daerah memang sedang trend, tak terkecuali di kota Banjarmasin. Berbeda dengan konsep kaos daerah lainnya, kaos asli Banjar ini lebih memilih untuk menjadi media promosi bagi berbagai potensi adat dan budaya masyarakat Suku Banjar secara detail. 

Di lembaran kaos-kaosnya, berbagai gambar adat budaya dan hal-hal yang  berkaitan dengan Kalimantan Selatan, tercetak dengan rapi dan didesain sedemikian rupa. Hal itu, tentu membuat siapapun tertarik untuk melihat dan pas untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.