Profil Guru Zuhdi - Ulama Besar Banjarmasin

foto guru zuhdi - ulama banjarmasinPada kesempatan kali ini admin Seputar Banjarmasin ingin berbagi informasi mengenai profil guru zuhdi, beliau adalah salah satu Alim Ulama atau tokoh agama yang kharismatik dan sangat terkenal di Kalimantan Selatan khususnya juga di Banjarmasin. Ceramah yang disampaikan beliau memiliki khas dan sangat disukai banyak kaum muslimin baik kalangan tua dan muda, tidak heran setiap pengajian beliau selalu dipenuhi jamaah. Ceramah beliau juga sering diselingi dengan hal-hal yang membuat jemaah tersenyum dan tertawa. Berikut riwayat singkat dari Guru Zuhdi yang diambil dari berbagai sumber:



Riwayat Guru Zuhdi


Guru Zuhdi dilahirkan tanggal 5 Rajab 40 tahun yang lalu, beliau adalah anak dari KH. Muhammad (pimpinan Al Falah setelah KH. Tsani) dimana KH. Muhammad dulu adalah sahabat Abah Guru Sekumpul (Muhammad Zaini Abdul Ghani) dan juga murid dari KH. Anang Sya'rani Arief. Diceritakan bahwa dulu Abah Guru pernah satu kelambu dengan KH. Muhammad.

Awal-awal Guru Zuhdi dulu membuka majlis jemaahnya masih sedikit tidak sebesar seperti sekarang dan pengajian kitab yang beliau bacakan yaitu dari catatan tangan majlis Abah Guru Sekumpul. Karena itulah para jemaah yang hadir dipengajian beliau banyak yang merasa rindunya kepada Abah Guru Sekumpul seperti terobati, selain itu juga bagaimana cara beliau bermajlis, isi kajiannya serta gaya bicara dan penjelasan beliau seperti Abah guru Sekumpul. Meskipun begitu banyak yang tidak berani menyamakannya Guru Zuhdi dengan pangkat serta kedudukan Abah Guru Sekumpul.

Majlis Pengajian Guru Zuhdi


Salah satu pengajian Guru Zuhdi yang sering ditunggu umat muslim di Banjarmasin setiap minggunya adalah majlis pengajian malam jumat di Masjid Sabilal Muhtadin dan malam minggu yang dilaksanakan di Mesjid Jami. Tak ketinggalan Di kediaman beliau di Jalan Masjid Jami, Kecamatan Banjarmasin Utara, masuk kira-kira 400m dari jalan raya.

ceramah guru zuhdi
Salah satu Ceramah Guru Zuhdi beberapa waktu lalu

Majlis Guru Zuhdi menggunakan metode tradisional, di mana sang guru / ustadz membacakan materi pelajaran dari suatu kitab dan para santri dan jamaah duduk mengelilinginya sambil membubuhkan catatan di sana-sini dengan bimbingan sang kyai (dabit).

Mungkin itu dulu penjabaran singkat mengenai profil Guru Zuhdi. Terimakasih

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.